Kurikulum sekolah menengah kejuruan terus mengalami perubahan. Semakin lama peserta didik semakin dituntut untuk memenuhi revolusi industri 4.0. Oleh karena itu perlu diadakan penyelarasan kompetensi keahlian dengan pelaksanaan magang di industri yang relevan dengan program keahlian, agar lulusannya kelak dapat memenuhi kebutuhan dunia kerja, bukan sebaliknya menjadi penyumbang pengangguran terbesar.

Untuk memenuhi target tersebut, kompetensi keahlian Teknik Jaringan Akses (TJA) SMK Negeri 4 Bondowoso tak tanggung-tanggung melaksanakan terobosan. Dimulai bulan Agustus tahun 2019, guru SMKN 4 Bondowoso akan dimagangkan di Dunia Usaha / Dunia Industri yang dalam hal ini bekerjasama dengan Telkom Akses Jember.

Nantinya selama sebulan, guru produktif TJA tersebut akan menimba ilmu dan pengalaman seputar jaringan telekomunikasi. Diharapkan setelah melakukan proses magang industri, guru semakin menguasai kemampuan di bidang jaringan akses sehingga akan berimbas pada kemampuan dan kompetensi siswa yang dibimbing. Dengan begitu diharapkan lulusan dapat terserap dengan baik di dunia industri.

Semangat untuk bapak ibu guru yang magang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.