Kendati pandemi Covid-19 masih melanda, SMK Negeri 4 Bondowoso tetap berupaya untuk memperkenalkan peserta didiknya kepada nilai-nilai demokrasi. Kali ini, SMK Negeri 4 Bondowoso melaksanakan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) untuk masa bakti 2020-2021.
Sejalan dengan program kerja OSIS, kegiatan Pesta Demokrasi ini dilaksanakan dengan sistem yang cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk tetap berkontribusi pada penekanan angka penyebaran COVID-19, OSIS SMK Negeri 4 Bondowoso berinovasi untuk tidak mengurangi nilai-nilai kejujuran dan keterbukaan demokrasi dengan memanfaatkan teknologi yang ada, sehingga tercetuslah Online Voting System dalam Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS tersebut.
Pembina OSIS, Waka Kesiswaan dan Kepala Sekolah mengamini kegiatan terbeut dengan respon yang positif. Kepala SMK Negeri 4 Bondowoso, Bapak Samsudin, S. Pd, M. Pd ketika diminta wawancara mengatakan, “Saya kira pengurus OSIS sekolah kita benar-benar mengusahakan yang terbaik untuk keberlangsungan organisasi siswa. Walau dalam masa pandemi seperti ini, kita masih bisa melaksanakan re-organisasi yang tentunya dengan masih memperhatikan protokol kesehatan. Saya sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini.”
Sebelum dilaksanakan pemungutan suara secara online, kedua pasangan calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS terlebih dahulu membuat video pemaparan tentang visi dan misi serta program kerja mereka. Video tersebut kemudian diunggah ke media sosial IG sekolah (@smk_gellery.red).
Mengingat animo siswa dan seluruh warga sekolah yang ingin mengenal kedua pasangan calon yang cukup besar, maka kemudian pengurus OSIS menginisiasi kegiatan debat calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS yang dilaksanakan di ruang meeting sekolah dengan dihadiri satu orang perwakilan siswa dari masing-masing kelas. Pertanyaan yang diajukan kepada kedua pasangan calon pun berasal dari semua elemen, baik siswa, guru dan bahkan alumni.
Kegiatan pemungutan suara dimulai tanggal 23 Oktober 2020 jam 07.00 dan ditutup pada tanggal 25 Oktober 2020 jam 21.00. Siswa melakukan pemungtan suara dengan vote melalui google form yang dibuat oleh panitia. Pemilih terdiri dari seluruh siswa, guru dan satff karyawan SMK Negeri 4 Bondowoso. Dan kemarin, Jumat 6 November 2020, dilaksankan penghitungan suara yang dihadiri dan disaksikan oleh perwakilan siswa dari masing-masing kelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.