Kebutuhan nutrisi pada masa remaja sangat pesat sehingga diperlukan asupan gizi yang seimbang. Salah satu nutrisi yang sangat diperlukan pada masa pertumbuhan khususnya bagi remaja putri adalah kebutuhan asupan zat besi atau ferum (Fe). Zat besi mempunyai peran besar dalam pembentukan hemoglobin. Asupan zat besi yang tidak seimbang dapat menyebabkan seseorang mengalami anemia (menurunnya kadar hemoglobin dalam darah). Bagi remaja putri, kebutuhan Hb akan sangatlah penting terutama pada saat mereka mengalami mentruasi dimana kadar dalam darah akan berkurang atau mengalami penurunan.

Pemerintah dalam hal ini kementrian kesehatan sejak tahun 2016 mencanangkan program suplementasi zat besi dengan pemberian tablet penambah darah bagi para remaja putri. Di beberapa daerah, program tersebut dilaksanakan bekerja sama dengan pihak puskesmas dan sekolah. Untuk mendukung suksesnya program yang dicanangkan oleh pemerintah, SMKN 4 Bondowoso bekerjasama dengan Puskesmas Nangkaan Kabupaten Bondowoso melaksanakan program TTD setiap hari jum’at.

Kegiatan TTD dilaksanakan setiap jumat pagi sebelum pelaksanaan KBM. Kegiatan ini sudah dimulai sejak tahun 2017 dan respon dari para siswi sangat antusias. Mereka menyadari akan pentingnya kebutuhan asupan zat besi bagi pertumbuhan mereka saat ini dan kedepannya. Dengan diadakannya kegiatan jumat TTD ini harapannya tingkat kesadaran generasi muda khususnya remaja putri akan pentingnya kesehatan semakin meningkat. Dengan demikian budaya hidup sehat juga akan tercipta dengan baik dilingkungan sekolah dan lingkungan keluarga.
Salam sehat smakenfour (NAA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.