Agribisnis Tanaman Perkebunan

Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan  (ATP) berfokus dalam menyiapkan tenaga ahli di bidang perkebunan. Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP) merupakan salah satu jurusan yang tersedia di SMKN 4 Bondowoso dimana siswa akan diajari bagaimana mengelola lahan perkebunan dengan baik dan bisa menghasilkan, serta menyiapkan lulusan yang handal dan berdaya saing di bidang perkebunan. 

Tujuan Program Keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan

  1. Menghasilkan lulusan yang professional khususnya pada bidang perkebunan baik pada pribadi maupun masyarakat.
  2. Menghasilkan lulusan yang mempunyai tingkat kecerdasan tinggi yang nantinya mampu bersaing pada era informasi global.
  3. Menghasilkan lukusan yang komprehensif dan  BERAKAL (Bertaqwa, Empati, Rajin, Aktif, Kreatif, Ahli, Loyal)

Selayang Pandang Tentang Tanaman Perkebunan

Kabupaten Bondowoso secara geografis berada di wilayah bagian Timur Propinsi Jawa Timur  dengan jarak sekitar 200 km dari ibu kota Propinsi Jawa Timur, Surabaya dan Kabupaten Bondowoso merupakan daerah agraris sehingga lapangan usaha dibidang Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan masih memegang peranan penting dalam perekonomian Kabupaten Bondowoso. Saat ini prioritas pembangunan kabupaten bondowoso dibidang perkebunan, dengan mengangkat slogan Bondowoso sebagai Republik Kopi yang merupakan salah satu produk dari tanaman perkebuan. Pemerintah kabupaten Bondowoso telah mampu mengekspor kopi rakyat sebagai komoditi unggulan.

Keberadaan SMKN 4 Bondowoso sebagai satu satunya sekolah negeri yang mempunyai program keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan dinilai mampu menjadi penyedia SDM yang handal dan kompeten dibidang Perkebuanan. Peluang kerja dibidang perkebunan sangat terbuka lebar baik di wilayah kabupaten Bondowoso sendiri maupun di luar kabupaten Bondowoso (Kalimantan, Sumatera, Sulawesi).